Sunday, November 28, 2010

Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Penggunaan Komputer


Jika dalam menggunakan komputer tidak memperhatikan prosedur/aturan tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) maka komputer juga dapat memberi dampak negatif berupa masalah kesehatan bagi penggunanya (brainware).

1.       Bagian-Bagian Komputer yang Dapat Menimbulkan Dampak Negatif bagi Pemakai

a.       Monitor
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat menyebabkan intensitas cahaya yang cukup tinggi untuk diterima oleh retina mata manusia. Oleh karena itu monitor haru memiliki filter (penyaring) intensitas cahaya agar mata terhindar dari kerusakan karena radiasi cahaya dari monitor. Filter (penyaring) dapat terbuat dari kaca. Kaca filter menyerap radiasi dari monitor yang kemudian dikumpulkan melalui sebuah penghantar berupa kabel untuk selanjutnya dilepas/di buang. (cara kerjanya mirip dengan kabel ground pada aliran listirk).
Monitor dengan teknologi LCD memiliki radiasi yang sangat kecil dikarenakan intensitas cahaya yang dihasilkan juga sangat kecil. Tetapi karena harga yang relatif mahal, Monitor tersebut hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja.
b.      CPU
Perakitan komputer yang tidak teliti dapat menyebabkan aliran listrik dari kabel listrik menyentuh casing yang terbuat dari besi/logam sehingga dapat menyetrum pemakai. Oleh karena itu biasanya pada casing terdapat kabel listrik yang mengalirkan kebocoran aliran listrik tersebut ke bidang lain (ground).
Dikhawatirkan aliran udara pada casing tidak mengalir dengan baik, sehingga suhu pada casing komputer menjadi panas yang bisa menyebabkan Processor atau Motherboard dan perangkat keras lainnya rusak karena kepanasan.



c.       Mouse dan Keyboard
Bentuk keyboard dan Mouse yang tidak ergonomis bagi tangan sipemakai dapat menyebabkan pegal-pegal bahkan mampu menimbulkan radang sendi. Oleh karena itu pemakai komputer harus memilih keyboard dan mouse yang sesuai dengan tangannya masing-masing. Selain bentuk, penempatan posisi keyboard dan mouse yang tidak tepat dalam menggunakannya juga bisa mengakibatkan radang sendi.
d.      Kabel Komputer
Pemasangan kabel listrik yang tidak benar selain dapat menimbulkan kebocoran arus listrik juga dapat menimbulkan korsleting sehingga menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu kabel listrik tersebut harus terpasang dengan benar.

2.       Posisi Menggunakan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

a.       Pandangan Mata
Layar monitor tepat berada di bawah pandangan mata, dan jangan biarkan pantulan cahaya monitor langsung memantul dari layar ke mata.
b.      Posisi tubuh
Agar tubuh tidak cepat lelah, sebaiknya posisi duduk dalam kondisi tegak dan nyaman. Siku dan lutut sebaiknya membenuk sudut 900.
c.       Letak pergelangan Tangan, Jari dan Lengan
Pastikan Muose dan Keyboard sama tingginya dengan siku sehingga gerakan lengan dan jari dapat nyaman pada saat mengetik atau menggunakan mouse. Letakkan pergelangan tangan, jemari dan lengan dengan santai tidak melengkung atau tegang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers