Saturday, October 23, 2010

Membuat tools antivirus sederhana Command Prompt dengan menggunakan Notepad


Akhir-akhir ini banyak sekali virus computer yang bermunculan khususnya yang sangat menyebar luas yaitu virus yang *** membuat folder menjadi super hidden…cape  deh…hehehehe(^_^) pernah kah teman-teman mengalami folder anda hilang? atau folder anda isinya kosong alias tidak ada file satu pun?? Di dalam flasdisk kesayangan anda. Padahal anda yakin bahwa data yang anda masukan telah di simpan di folder tersebut. Tidak usah bingung teman-teman kita coba kembalikan data yang telah di Hidden oleh virus dengan trik sederhana ini semoga bisa bermanfaat.
clip_image001
Gambar 1. : proses pembukaan aplikasi notepad
clip_image002
Gambar 2. : Perintah-perintah yang kita ketikan kedalam notepad
clip_image003
Gambar 3. : Kita lakukan Save As…
clip_image004
Gambar 4. : Menyimpan file sebagai batch file
Setalah muncul kotak dialog Save As, tentukan terlebih dahulu lokasi folder tempat anda akan menyimpan file ini. Pada dropdwon Save as type, pilih All Files. Selanjutnya pada File name, isikan nama file Anda. Perhatikan, agar file anda tersebut dapat tersimpan sebagai file batch anda perlu menambahkan ekstensi “.bat” (titik bat) di belakang nama file tersebut.
clip_image005
Gambar 5. : Tampak file *.bat di Windows Explorer

Anda bingung maksud perintah tersebut? Berikut merupakan penjelasannya:
  • echo     : berfungsi untuk menampilkan pesan, keterangan atau komentar oleh user, ketika berada dalam kondisi-kondisi  tertentu.
  • Attrib   : merupakan perintah dasar yang di gunakan untuk mengatur atribut suatu file.
  • -s         : setelah attrib ditujukan untuk mencabut atau melepas system file.
  • -h         : ditujukan untuk mencabut atau melepas hidden file.
  • *           : mewakili semua file.
  • /s         : melakukan pencarian file sesuai dengan nama yang di tentukan dalam suatu folder hingga ke sub-sub foldernya (bila ada).
  • /d         : biasa di gunakan unuk mendampingi penggunaan “/s”
jadi kita tinggal copy kan saja file unHidden.bat yang telah kita buat kedalam dalam flashdisk kesayangan kita....(^_^)  jika mengalaminya folder kita hidden klik saja file unHidden.bat yang berada di flashdisk. Klo kita menggunakan antivirus sebaiknya sering-sering ya update…. ..(^_^)
Selamat mencoba..:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers