Saturday, October 23, 2010

Cara Mengkode File/Folder Menggunakan WinRAR

Buat anda yang selama ini bingung karena file-file rahasia anda selalu kebobolan, kali ini saya akan memberikan solusinya. Caranya ialah dengan WinRAR, aplikasi pengkompres file yang juga bisa memberikan proteksi pada folder atau file anda. Bagi yang belum punya WinRAR bisa didownload disini.Bagi yang sudah punya WinRAR tetapi belum tahu cara mengkode menggunakan WinRAR bisa dibaca sampai habis tutorialnya.

Caranya ialah:
Klik kanan pada file/folder yang ingin anda beri kode lalu klik pilihan "Add to archive..." (lihat gambar dibawah, klik untuk perbesar)



Setelah keluar jendela baru, normalnya anda sekarang pada tab "General", jika belum klik tab "General". Pada tab tersebut, beri nama file hasil kompresi nanti pada bar "Archive name", namanya bebas tapi jangan sampai ekstensi .rar-nya terhapus. Kemudian beri tanda check-list pada pilihan "Lock archive". Anda juga bisa menambahkan tanda check-list pada pilihan "Delete files after archiving" jika anda menghendaki menghapus file mentah sebelum kompresi. Jika anda tidak memberi tanda pada pilihan ini, nantinya anda harus menghapus file tersebut secara manual. (lihat gambar dibawah, klik untuk perbesar)



Kemudian, klik tab "Advanced". Pada tab tersebut, beri tanda check-list pada pilihan "Save file security" dan klik button "Set password..."(lihat gambar dibawah, klik untuk perbesar)



Setelah diklik, nanti akan keluar jendela baru. Pada jendela tersebut, isikan password yang ingin anda berikan pada file tersebut dan konfirmasi password anda sekali lagi. Jangan lupa beri tanda check-list pada pilihan "Encrypt file names". Kemudian klik OK dan klik OK sekali lagi. Setelah itu proses kompresi akan segera berjalan.(lihat gambar dibawah, klik untuk perbesar)



Anda bisa memodifikasi pengaturan lainnya sebelum kompresi. Tutorial diatas adalah setting minimum yang dibutuhkan untuk mengkode sebuah file/folder.

Setelah itu, coba periksa file yang anda kompres tadi, apakah sudah muncul di layar. Klik dua kali pada file tersebut. Jika nanti WinRAR meminta password, berarti anda berhasil mengkode sebuah file/folder menggunakan WinRAR. Jika anda ingin mengekstrak (mengeluarkan) file tersebut dari file .rar-nya cukup klik kanan pada file .rar-nya dan pilih "Extract Here"

Jika ada masalah atau ingin bertanya seputar pengkodean/kompresi menggunakan WinRAR silahkan tanya dengan menggunakan komentar.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers